Vuelta a Espana 2024, Etape 19: Roglic Gusur O'Connor dari Pimpinan GC

Setelah penantian panjang, kesabaran dan ketelatenan untuk memangkas jarak waktu. Primoz Roglic akhirnya menggusur Ben O'Connor dari pemuncak klasemen general classification (GC) Vuelta a Espana 2024. Pencapaian ini didapatkan usai pembalap Slovenia itu memenangi balapan etape 19 pada Jumat, 6 September 2024. 

Roglic finis solo di puncak Alto de Moncalvillo. Di lereng pegunungan tersebut, Roglic dan timnya, Red Bull-Bora-Hansgrohe, mendominasi peloton terdepan. Roglic lantas memisahkan diri dari timnya pada 5 Km sebelum finis. Setelahnya cyclist 34 tahun ini tak terkejar oleh lawan-lawannya. 

Roglic akhirnya finis terdepan. Dibuntuti oleh David Gaudu (Groupama-FDJ) dan Mattias Skjemose (Lidl-Trek) yang menyelesaikan balapan sebagai peringkat 2 dan 3. Mereka finis bersamaan. Tertinggal 46 detik dari Roglic.

"Saya punya memori yang baik dari tanjakan ini dan itu tidak mengecewakan," kata Roglic. 

Sementara itu, O'Connor hanya duduk di peringkat ke-12. Ia berjarak 1 menit 49 detik dari Roglic saat balapan berakhir. Akumulasi waktu terbaru menunjukkan Roglic sukses menggeser O'Connor dari puncak klasemen GC. Keduanya saat ini berjarak 1 menit 54 detik.  

Baca Juga: Panduan Rute Ijen KOM 2024: Lewat Bandara, Kampung Bali, dan Tanjakan 32-34 Persen

Di awal Vuelta, Roglic sempat memimpin GC. Namun, Ben O'Connor tampil gila di etape 6. Ia menuntaskan balapan dengan kemenangan telak dari lawan-lawannya. Bahkan pembalap peringkat kedua baru finis 4 menit 33 detik usai O'Connor melewati garis akhir. 

Berkat kemenangan tersebut, pembalap Australia ini meraih maillot rojo. Merebut dari tangan Roglic. Tidak tanggung-tanggung, ia juga menciptakan perbedaan waktu hampir lima menit dari Roglic di klasemen GC pada akhir etape 6. Dan Roglic baru bisa menyusul O'Connor pada 13 balapan setelahnya. 

"Ini masih jauh dari kata selesai. Kita tahu queen stage akan kita hadapi besok. Ini masih jauh dari kata selesai. Tapi ini kondisi yang baik dibandingkan saat tertinggal 5 menit," kata Roglic.

Balapan etape selanjutnya adalah queen stage. Terminologi untuk balapan yang memiliki level tersulit dalam event balapan multi-etape. Balapan etape 20 ini terdiri dari tujuh tanjakan utama yang berakhir di puncak Picon Blanco. Total elevasinya mencapai 5.077 meter. 

Roglic punya kans memperlebar jurang waktu dari O'Connor pada balapan ini. Jika rencana tersebut terwujud, peluang Roglic meraih quad-trick gelar Vuelta semakin dekat. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com




COMMENTS