BEMER Cyclassics 2024: Olav Kooij Kalahkan Para Juara Sprinter GrandTour

Pembalap Visma-Lease a Bike Olav Kooij mengalahkan para sprinter juara GrandTour dalam one-day race BEMER Cyclassics pada Minggu, 8 September 2024. Di antara peloton besar menuju garis finis di Hamburg, Kooij berakselerasi dengan sangat sempurna. Menaklukan Jonathan Milan (Lidl-Trek) dan Biniam Girmay (Intermarché-Wanty). 

Seperti diketahui, Milan adalah juara klasemen point di gelaran GrandTour, Giro d'Italia 2024. Gelar yang ia pertahankan dari tahun sebelumnya. Sedangkan, Girmay merupakan fenomenal. Ia secara tak terduga merebut status sprinter terbaik di Tour de France musim ini. Membawa pulang jersey hijau ajang balap sepeda paling prestisius itu ke negaranya, Eritrea.

Memasuki 2 Km terakhir, pembalap-pembalap Red Bull-Bora-Hansgrohe memimpin peloton. Kooij membuntuti dari belakang. Namun, 200 meter terakhir adalah kunci. 

Milan di situasi menguntungkan ketika rekan setimnya Simone Conssoni membantu membuka ruang. Tapi posisinya lantas terkurung di belakang Kooij dan Girmay merangsek ke tengah. 

Ketatnya persaingan Olav Kooij dan Jonathan Milan dalam sprint di titik finis.

Pembalap Italia itu mencoba sekuat tenaga untuk mengejar. Tapi ia hanya mampu menangkap laju Girmay. Sedangkan, langkah Kooij tak terbendung untuk meraih kemenangan ketujuh musim ini. Milan harus puas di posisi kedua dan podium terakhir milik Girmay. 

"Saya berada di posisi yang bagus setelah tikungan dengan jarak 2 Km sebelum finis. Dan saya tahu penting untuk mengikuti laju pembalap di depan saya. Saya menjaga kecepatan tinggi dan menemukan kesempatan yang bagus. Kemudian saya mampu meluncurkan serangan dan bertahan," kata Kooij. 

Baca Juga: Vuelta a Espana 2024: Juara! Roglic Samai Rekor Heras

Akan tetapi, Kooij awalnya tidak begitu yakin mampu memenangi balapan. Bersaing dengan para sprinter lainnya. Terlebih pembalap 22 tahun baru saja tersingkir dari Renewi Tour dua pekan lalu karena insiden kecelakaan. 

“Saya memberi tahu rekan setim bahwa saya tidak merasa terlalu baik dan mereka dapat mengikuti serangan jika mereka mau. Namun, mereka memotivasi saya untuk berjuang dan melakukan sprint dan pada akhirnya, itu adalah kejutan yang menyenangkan,” imbuhnya Kooij. 

Ajang BEMER Cyclassics memang dikenal sebagai balapan WorldTour untuk para sprinter. Rute sejauh 177,5 Km yang dimulai dan diakhiri di Hamburg ini lebih banyak diisi lintasan flat. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS