Kolom Sehat: Lazy Time

Aduhhh, masih terngiang-ngiang capek dan ngantuknya ketika bersepeda melewati Hutan Gumitir. Rute dari Jember ke Banyuwangi. Sebuah hutan yang sangat rame dilewati kendaraan besar, dan jalannya berputar-putar, juga sedikit miring.

Kondisi capek membuat tanjakan jinak di sana terasa begitu menyiksa. Belum lagi ketika masuk ke daerah Banyuwangi selatan. Sesorang yang jauh-jauh hari bilang mau nemani, juga tidak tampak batang hidungnya. PHP

Ah biasa, biasa dapat PHP dari cyclist. Indah ketika diucapkan saja. Belum selesai lelahnya, minggu depan sudah waktunya ke sana lagi. Kali ini lebih serammm lagi: naik ke Paltuding. Melewati tanjakan Erek-Erek, terus sampai ke titik start pendakian Gunung Ijen. Bayangkan aja capeknya udah kerasa .

Badan saya sudah mulai jauh membaik setelah mengikuti Bentang Jawa 2024. Tapi belum membaik 100 persen. Entah recovery saya yang lama, atau kapan hari saya terlalu maksa Wkwkwk. Intinya masih malas gowes jauh.

Bicara soal capek, mungkin ada kalanya seorang pesepeda itu lelah. Mungkin lelah fisik yang berakibat ke mental. Alau lelah psikis yang berakibat ke fisik.

Kelelahan adalah bagian erat dari sebuah proses berolahaga. Kelelahan juga sesuatu yang relatif. Seperti contoh di awal bagi saya setelah gowes 1,500 km sampai sekarang saya masih merasa capek. Tapi ada banyak teman saya yang biasa aja. Mereka sudah ikut event yang lain dengan senang dan giatnya

Tubuh tiap individu berbeda-beda. Ada yang kuat, ada yang tidak tahan sakit. Ada yang memerlukan istirahat lebih lama, ada yang sebentar saja tidur sudah segar kembali.

Kalau saya rasanya lengketnya mata dan rasa capek itu lunturnya pelan. Menuruti rasa malas terasa begitu menyenangkan. Rasanya saya masih punya banyak alasan untuk bernalas-malasan.

Mungkin Anda pernah berada pada fase ini, atau mungkin tidak. Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM tak lama lagi menggoda sebagai event-event yang belum pernah saya selesaikan. Sementara itu, film-film di Netflix yang belum saya tonton juga banyak.

Baca Juga: Recovery Ride Ijen KOM 2024: Nikmati Bangsring Usai Taklukkan Paltuding

Masih ada waktu semoga keadaan membaik, kalau masih belum berarti waktu recovery saya memang lama, sekian.(Johhny Ray)


COMMENTS