Banyuwangi juga surga kuliner. Banyak rekomendasi yang masing-masing punya pesonanya. Kali ini tim Mainsepeda berburu ke warga lokal untuk menyajikan kuliner yang jarang diketahui. Khususnya bagi para pelancong peserta EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024.

Penasaran, apa saja rekomendasi kuliner hidden gem-nya? Simak selengkapnya di artikelnya. 

1. Nasi Tempong Bu Nurul 

Jika anda ke Banyuwangi, nasi tempong merupakan lis kuliner wajib dicicipi. Banyak yang akan merekomendasikan Nasi Tempong Mbok Wah atau Mbok Nah karena memang paling dikenal. Tapi jika ingin merasakan sensasi rasa yang lain, bisa mencoba Nasi Tempong Bu Nurul. 

Yang menjadi pembeda, anda bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai dengan selera. Jadi bagi yang tidak suka makanan pedas, tidak perlu khawatir. 

Selain itu, lauk-pauknya pun sangat lengkap. Yang spesial dan wajib dicoba ialah ikan asin gorengnya. Cocok jika dimakan dengan nasi hangat dan pedasnya sambal. 

Lokasinya berada di Jl. Sayu Geringsing, Kampung Melayu, Banyuwangi. Buka dari pukul 19.00 hingga 24.00 WIB. 

2. Sego Semanggi Mbok Rewel

Kalau anda berasal dari Jakarta, semanggi lebih familiar dengan nama tempat. Tapi semanggi sebenarnya jenis tumbuhan air. Nah, daun semanggi itu ternyata bisa dimakan. 

Jika penasaran, bisa mencoba kuliner Sego Semanggi Mbok Rewel di Banyuwangi. Daun semanggi yang dikukus menjadi lauk, lantas dinikmati dengan sambal yang pedas. Sungguh membuat nafsu makan meningkat, apalagi dimakan dengan nasi putih hangat. 

Pilihan lauk yang paling dicari sego semanggi wader. Tapi banyak pilihan lauk lainnya seperti belut goreng, pepes ayam, pepes ikan, dan masih banyak lagi. 

Selain rasanya enak, harganya juga murah. Lokasi tepatnya berada di Jalan Gandrung, Bakungan, Glagah. Warung sego sambal ini buka tiap hari mulai jam 09.00 pagi.  

3. Ayam Lodoh Umyah Menur

Kuliner ayam lodoh sangat fimiliar di Jawa Timur, khususnya di daerah Ponorogo. Di Banyuwangi, terdapat kuliner yang sama. Tapi karakteristiknya berbeda. Kuahnya lebih kental dan berbumbu.

Nah, penjual ayam Lodoh yang paling otentik dapat ditemukan di Banyuwangi adalah Warung Umyah Menur. Menu andalannya adalah lontong lodoh. Harganya pun murah mulai dari Rp 17 ribu saja. Selain kuliner ayam lodoh, di warung bu menur juga menjual makanan khas Banyuwangi lainnya. Seperti nasi tempong atau rujak soto. 

Lokasinya berada di Olehsari, Glagah. Tepatnya sebelah SPBU Olehsari terdapat gang. Masuk dan ikuti jalan setapak sampai berjumpa dengan rumah dari bambu. Warung Umyah Bu Menur buka tiap 08.00-15.00 WIB. 

4. Mie Ayam Mas Don

Lokasi hidden gem selanjutnya ialah Mie Ayam Mas Don. Bagi anda penikmati Mie Ayam, kuliner ini wajib anda coba. Lokasinya masuk ke area perumahan warga di belakang Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan.

Mie ayam goreng jadi menu andalannya. Mienya sudah diberikan campuran kecap layaknya mie goreng instan. Tapi campuran daging ayam semurnya memiliki kenikmatan tersendiri. Mienya bertekstur tebal dan kenyal.

Mie Ayam Mas Don buka hari senin sampai sabtu mulai pukul 10.00 WIB. Harganya pun sangat terjangkau. Mulai dari Rp 12 ribu. 

5. Warung Mak Jamanah

Ingin merasakan nasi cawuk yang masih tradisional dan tidak neko-neko. Mungkin bisa mengunjungi Warung Mak Jamanah. Buka tiap hari mulai dari pukul 04.00 WIB sampai habis. Biasanya sebelum jam 9, jualan mak Jamanah sudah ludes terjual. 

Nasi cawuk sendiri makanan khas Banyuwangi. Isinya hanya nasi putih disiram kuah santan dan ditambah urap. Simpel sekali. 

Selain itu, ada jajanan pasar yang juga cocok untuk sarapan. Seperti uceng-uceng, puthu, orog-orog, ketan merah dan putih. Semuanya dicampur dan ditaburi parutan kelapa. Mirip kuliner lenjongan kalau di Solo dan sekitarnya. 

Harga per porsi pun sangat murah. Mulai dari Rp 5 ribu. Untuk lokasinya berada di Banjar, Desa Licin, Banyuwangi. Masuk ke dalam gang depan Masjid Darul Falah. 

6. Tahu Walik Madu Wangi

Untuk cemilan, Tahu Walik menjadi pilihan yang comfort banget. Salah satu rekomendasinya adalah Tahu Walik Maduwangi. 

Tahu walik yang digoreng garing dimakan dengan sambal petis yang pedas. Sungguh nikmat. Selain itu, ada opsi tahu walik banjir dengan kuah petis yang enak. 

Kuliner ini juga cocok untuk oleh-oleh kerabat di rumah. Untuk lokasinya ada di Jl. HOS Cokroaminoto, Cuking, Giri, Banyuwangi.  

7. Pecel Rawon Ayu

Terakhir sebenarnya bukan rekomendasi hidden gem. Tapi kuliner yang harus dicoba kalau ke Banyuwangi. Yakni Pecel Rawon. Rasa gurih dan pedas dari sambal pecel dipadukan nikmatnya kuah rawon yang kaya rasa.

Rekomendasi pecel rawon paling terkenal di Banyuwangi adalah Pecel Ayu. Lokasinya berada di Jl. Adi Sucipto No.76, Sobo, Banyuwangi. Buka tiap hari mulai pukul 06.00-21.00 WIB. (Mainsepeda)

 

Populer

Peringati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Jatim Gelar Tour de Panderman
Kuota Terpenuhi, 500 Peserta Bakal Ramaikan Kediri Dholo KOM 2024
6 Rekomendasi Wisata Andalan Kabupaten Kediri
Cervelo P5x Lamborghini, Hanya Ada 25 Biji
Tips Merakit Frame Ukuran Ekstra Kecil
Kolom Sehat: Gowes untuk Sehat, Gowes sampai Sakit
Suplemen itu Perlu, tapi Jangan Sembarangan Pilih
Race Around Java 2024: Citra Dewi Juara, Rekor Ultra Indonesia 3.000 Km dalam 10 Hari
Sepeda dan Komponen di WorldTour 2019
Sepeda-Sepeda untuk Mengenang Dario Pegoretti