Ijen KOM 2024: Tanjakan HORS Categorie Penentu Juara Men Elite

Persaingan EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 berjalan sangat ketat. Terutama kategori Men Elite. Empat cyclist memiliki peluang hampir sama memburu podium East Java Trilogy 2024. 

Abdul Soleh saat ini memimpin klasemen juara umum Trilogy dengan koleksi poin terbanyak. 30 poin. Tepat di belakangnya ada Astnan Maulana yang berjarak dua poin saja dari pimpinan klasemen. 

Pembalap muda 23 tahun, Ilham Dzkri Ramadhan berada di posisi selanjutnya. Ia mengantongi 24 poin. Dan kandidat terakhir adalah Woro Fitriyanto. Ia meraih 22 poin dari dua seri Trilogy sebelumnya. Artinya empat pembalap teratas hanya dipisahkan jarak 8 poin saja. 

Hal ini membuat Soleh yang berada di baris terdepan tidak bisa duduk tenang. Ia pun mau tak mau harus juara di seri terakhir, EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024. Pilihan satu-satunya untuk menciptakan hat-trick gelar East Java Trilogy. Sejak diperkenalkan 2022, Soleh selalu menjuarai event multi-seri besutan Mainsepeda ini.

"Persiapan sudah lakukan yang terbaik untuk pertahankan juara Trilogy. Target saya peringkat 1, karena untuk juara Trilogy harus juara 1 (di Ijen)," kata Soleh. 

Tanjakan menuju puncak Paltuding Ijen akan jadi saksi persaingan ketat di Men Elite. Segmen race KOM (King Of Mountain) akan berjarak 26,9 Km dengan pendakian HORS Categorie. Klasifikasi dengan tanjakan paling terjal. Sedangkan, gradien puncak berada di angka 34 persen dengan elevasi total 1.700 meter. 

"Menyiapkan mental karena rute ini cukup menantang apalagi saya bertanding dengan anak-anak muda yang super kuat. Poin berdekatan dan saya anggap 4 besar poinnya sama semua," imbuhnya.

Sementara itu, tim tuan rumah Banyuwangi Road Cycling Club (BRCC) akan bergantung pada kapasitas Woro Fitriyanto. Pembalap 31 tahun itu pernah menjuarai Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2022 mengalahkan Abdul Soleh. Dan, ia berharap catatan itu terulang. 

"Target saya besok bisa podium 1, dan bisa naik poin klasemen Trilogy. Mungkin ke urutan 2 atau 3 karena di situ poin deket selisihnya," jelas Woro.

EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 akan bergulir akhir pekan ini. Tepatnya pada Sabtu, 21 September 2024. Selain event puncak, Mainsepeda juga menyiapkan recovery ride esoknya. (Mainsepeda)


COMMENTS