Ijen KOM 2024: Jarak Lebih Jauh, COT Lebih Panjang

Panitia EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 telah menetapkan waktu Cut Of Time (COT) menjadi 13.30 WIB. Lebih panjang 30 menit dari batas waktu pada penyelenggaraan event di tahun sebelumnya. 

Penambahan waktu COT karena jarak tempuh yang lebih jauh. Para peserta akan melalui total jarak sejauh 83,7 Km dengan total elevasi 2.030 meter. Jaraknya 10 Km lebih jauh dari tahun lalu. 

"Waktu COT akan lebih panjang mengingat jarak tempuh lebih jauh," kata Perwakilan Mainsepeda, Donny Rahadian. 

Seri terakhir dari East Java Trilogy ini akan start pukul 06.00 WIB. Lokasinya di Banyuwangi Park, destinasi wisata yang menjadi ikon baru di Kabupaten Banyuwangi. 

Dari sana, rombongan akan mengarah ke selatan. Melewati Bandar Udara Banyuwangi dan Kampung Bali. Setelahnya peloton akan kembali ke utara menuju kota untuk berhenti sejenak di lokasi Pit Stop di GOR Tawang Alun. Diperkirakan rombongan akan tiba pada pukul 08.00 WIB dan waktu rehat ialah 45 menit. 

Lokasi start KOM (King Of Mountain) hanya berjarak 2,5 Km dari Pit Stop. Sekitar pukul 09.00 WIB para peserta akan mulai menanjak ke puncak Paltuding, Ijen. Hal itu berarti segmen tanjakannya sejauh 27 Km harus diselesaikan dalam waktu kurang dari 4,5 jam.

Di sisi lain, tanjakan "pedas" menuju Paltuding di Ijen semakin menciptakan rasa penasaran bagi cyclist-cyclist dari dalam dan luar negeri. Buktinya EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 semakin ramai peminat. 

Tahun ini kuota peserta sebanyak 500 peserta telah terisi. Meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu yang berkisar 350 cyclist

Sebaran pesertanya pun semakin luas. Tercatat cyclist-cyclist nasional dari 27 provinsi, Aceh hingga Papua, akan berpartisipasi dalam event nanjak yang memasuki edisi ketiganya. Sedangkan, sebanyak 11 negara ikut berpartisipasi. Seperti Japan, Belanda, Australia, Latvia, Brasil, Singapura, Jerman, Prancis, Selandia Baru, Inggris, dan terakhir Indonesia.

"Saya tidak takut dengan persentase kemiringan tanjakannya. Karena itu akan menyulitkan semua orang. Saya hanya berharap tidak hujan," kata cyclist asal Prancis, Emmanuel Christophe Galbourdin. (Mainsepeda)


COMMENTS