Ijen KOM 2024: Sembilan Cyclist KAI Ingin Taklukkan Tanjakan Ijen

Komunitas sepeda road bike yang berisi para pegawai dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) siap berpartisipasi dalam EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 pada Sabtu, 21 September 2024. Perkumpulan yang menamai diri mereka Indonesia Railways Cycling Community (IRCC) ini mengirimkan sembilan cyclist untuk menyelesaikan tanjakan 'pedas' ke Paltuding, Ijen.

IRCC sebelumnya akrab dengan seri-seri event Trilogy seperti Bromo KOM atau Kediri Dholo KOM. Namun, seri Banyuwangi Bluefire Ijen KOM baru kali ini mereka mencicipinya. 

"Kami juga ingin merasakan experience Bluefire Ijen KOM. Ini pertama kalinya kami mengikuti Trilogy. Kalau Bromo dan Dholo sudah beberapa kali," kata Ketua IRCC, George Ibrahim. 

Untuk target menyelesaikan race KOM (King Of Mountain) menuju Ijen, komunitas yang berpusat di Bandung ini tak mau muluk-muluk. 

"Target under COT. Kalau podium ya mudah-mudahan. Kita berusaha," kata salah satu cyclist IRCC, Rima Tri Aditama. 

"Intinya di Ijen ini kan tanjakannya lebih menantang ya, secara geografis view-nya lebih bagus. Tidak target apa-apa, selain finish dari COT," sambung Rudi Gumilar. 

Lebih lanjut, George menyebut kehadiran IRCC untuk mewadahi aktivitas olahraga para pegawai PT KAI. Latihannya pun tak seintens para atlet atau penghobi yang sudah menggeluti balap sepeda. 

"Kalau latihan terbatas, kalau office hour kita curi-curi waktu sebelum kerja atau pas weekend. Kalau berlatih seperti atlet sih enggak. Kami hanya ingin campaign olahraga sepeda itu sehat," imbuh George. 

EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM 2024 sendiri merupakan event sepeda yang diinisasi oleh Mainsepeda dan Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi. Sebanyak 500 cyclist dari 11 negara akan ikut ambil bagian.

Event ini juga akan menjadi seri penutup dari East Java Trilogy 2024. Penentuan dari tiga race KOM, termasuk Bromo KOM X dan Kediri Dholo KOM. (Mainsepeda)


COMMENTS