Bob Parlee, Pencipta Sepeda Ikonik Berpulang

| Penulis : 

Produsen sepeda asal Amerika Serikat, Parlee Cycles mengumumkan kabar kurang mengenakan. Sang pendiri Bob Parlee dilaporkan telah meninggal dunia di kediamannya di Massachusetts usai berjuang melawan kanker. Bob berpulang di usia 70 tahun. Ia bertahan melawan penyakitnya selama 4 tahun terakhir. 

Bob dan istrinya, Isabel, mendirikan Parlee Cycles 25 tahun yang lalu. Menciptakan gebrakan dengan sepeda buatan tangan berbahan komposit. Dan inovasinya tersebut sungguh luar biasa. 

Bob adalah seorang cyclist amatir ketika menyempurnakan serat karbon untuk dijadikan rangka sepeda yang ringan, tapi kuat. Proses penyempurnaannya sangat panjang, memakan waktu dua dekade. 

Awalnya Bob merasa tidak puas dengan rangka sepeda titanium yang dikendarainya pada tahun 1990-an. Ia yakin masa depan sepeda terletak pada material serat karbon.

“Serat karbon membuka peluang yang sangat luas dalam hal mengoptimalkan ukuran dan bentuk tabung. Kami dapat menyempurnakan faktor berat, kekuatan, dan daya tahan. Kami dapat menciptakan sepeda yang lebih ringan, lebih cepat, dan lebih nyaman," kata Bob. 

Inovasi ini kemudian berkembang besar. Parlee Cycles merupakan salah satu merek pertama yang memproduksi rangka sepeda balap berbahan serat karbon ini. Tak butuh waktu lama, sepeda tersebut mengikuti perlombaan di panggung dunia. Sepeda produkai Parlee Cycles menorehkan prestasi di ajang bergengsi. Salah satu penunggangnya ialah Tyler Hamilton. Juara Tour de France 2003 dan Giro d'Italia 2002.

Pada tahun 2010, Parlee Cycles menciptakan rekor rangka sepeda paling ringan. Beratnya kurang dari 800 gram dengan model Z5. Memecahkan rekor yang mereka ciptakan sendiri pada enam tahun sebelumnya.

Bob memimpin pengembangan dan desain Parlee Cycles selama lebih dari dua dekade. Namun, ia lantas menjual bisnis tersebut kepada pemilik saat ini, John Harrison. Keputusan pahit ini diambil pada tahun 2023 lalu demi menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan .

Dalam beberapa tahun terakhir, Bob juga sudah tak terlibat di perusahaan secara penuh karena fokus pada kesehatannya. Meskipun demikian, ia tidak pernah berhenti memunculkan ide-ide baru. (Mainsepeda)

Foto: Parlee Cycles

Populer

Preview Kejuaraan Dunia 2024: Pogacar Kejar Triple Crown
Kolom Sehat: E-Bike dan Sepeda Listrik
Cyclist Favorit: Kisah Patricia Membelah Pulau Sulawesi
KOM Pertama, Sepuluh Tahun Lalu
Kolom Sehat: Meri, tapi Bukan Anak Bebek
Bob Parlee, Pencipta Sepeda Ikonik Berpulang
Cervelo P5x Lamborghini, Hanya Ada 25 Biji
Kediri Dholo KOM 2024: Kisah di Balik Simpang Lima Gumul
Gurindam CC, Bukan Komunitas Pecinta Sastra Melayu
Fiuuuhhh… Rute Borong – Ruteng Tidak Sesulit yang Dibayangkan