Pogi Pamer Jersey Pelangi di Italia

Balapan non-WorldTour UCI, tapi Giro dell'Emilia 2024 akan mencuri banyak perhatian. Balapan kelas 1.Pro ini akan digelar pada Sabtu, 5 Oktober 2024. Namun, terasa prestisius karena akan diisi pembalap-pembalap kelas satu dunia. 

Ditambah lagi, event ini akan menjadi momen pertama bagi Tadej Pogacar memamerkan jersey pelanginya. Pogacar berhak mengenakan kaos spesial ini usai berhasil merebut gelar juara dunia road race di Zurich beberapa waktu lalu. 

"Musim ini semakin spesial, dengan jersey juara dunia di tubuh saya. Apa yang terjadi di Zurich adalah mimpi untuk saya," ujar Pogacar.

Berkat gelar tersebut, pencapaian pembalap asal Slovenia ini terasa sangat sempurna tahun ini. Sebelumnya, Pogi, sapaan Pogacar, telah lebih dahulu meraih dobel juara GrandTour, Giro d'Italia dan Tour de France. Prestasi langka yang terakhir diraih oleh Marco Pantani, 26 tahun lalu.

Pogi mengenakan kaos T-Shirt lengan panjang dengan corak pelangi.

Dan kini ia berhak disebut sebagai peraih Triple Crown. Pogacar mensejajarkan dirinya dengan legenda-legenda balap sepeda dunia, yakni Eddy Merckx (1974) dan Stephen Roche (1987). Daftar rekor tersebut akhirnya bertambah satu nama setelah 37 tahun. 

Meski hanya berstatus balapan kasta kedua, Pogacar mengaku akan tampil maksimal. Terlebih debutnya sebagai juara dunia harus berakhir manis. 

"Akhir tahun dari balapan classic di Italia sangatlah cantik. Balapan yang menarik dan kami siap memberikan penampilan terbaik," imbuhnya. 

Rasa penasaran juga membayangi Pogi. Tiga kali beruntun mengikuti balapan Giro dell'Emilia, pembalap 26 tahun tak pernah juara. Tahun 2021, ia memutuskan DNF (Did Not Finish). Sisanya ia harus rela mengisi runner up. Kalah dengan Enric Mas di tahun 2022, dan menyerah dari perlawanan Primoz Roglic tahun lalu. 

Tahun ini, Roglic akan kembali menjadi penantang Pogacar di San Luca. Meski sebelumnya keduanya berada di pihak yang sama saat membela negara di Kejuaraan Dunia 2024.

Selain Roglic, balapan ini akan semakin panas karena hadirnya peraih dua medali Olimpiade Paris 2024, Remco Evenepoel. Selain itu, balapan juga diramaikan oleh Matteo Jorgenson, Adam Yates, Enric Mas, Thomas Piddock, dan Julian Alaphilippe. 

Giro del'Emilia merupakan balapan pemanasan untuk balapan WorldTour Il Lombardia pekan depan. Balapan klasik satu hari ini memiliki jalur yang berbukit. Kontur jalannya pun sangat menantang dengan jarak 215,3 Km. 

Bagian tersulit saat mendaki San Luca. Tanjakan ini mungkin hanya memiliki jarak 2 Km, tapi gradiens-nya mencapai dua digit. Semakin menyiksa karena para pembalap harus melewati sebanyak lima lap. (Mainsepeda)


COMMENTS