Lachlan Morton Pecahkan Rekor Gila!

Menempuh jarak 14.210 Km mengelilingi Australia hanya dalam waktu 30 hari 9 jam 59 menit adalah hal gila! Dan rekor di luar nalar itu diciptakan oleh Lachlan Morton, pembalap EF Education EasyPost. 

Morton finis di Port Macquarie pukul 01.54 waktu Australia pada Sabtu, 5 Oktober 2024. Lebih cepat seminggu dari catatan rekor sebelumnya. Dave Alley memerlukan waktu 37 hari 20 jam 45 menit usai menempuh 14.251 Km pada 2011 silam. 

Meski belum ada laporan resmi dari Road Record Association of Australia, tapi rekor yang dicetak Morton akan sulit dipecahkan di masa depan. 

Morton berkendara saat malam untuk mengatasi panasnya cuaca.

Morton pun juga bisa mendaftarkan pencapaiannya ke Guinness World Record. Sejauh ini badan rekor dunia mencatatkan nama Reid Anderton di buku mereka. Anderton mencatatkan jarak 14.178 Km selama 37 hari 1 jam 18 menit. Namun, rekor tersebut tidak masuk dalam Road Record Association of Australia karena jaraknya kurang dari 14.200 Km atau batas minimum yang ditetapkan. 

Jelas Morton tidak melakukannya dengan mudah. Tapi sejak awal cyclist 32 tahun itu berakselerasi dengan baik. Bahkan ia menambahkan jalan gravel dan jalur pendakian yang cukup intens. 

Ia pun menetapkan strategi yang jelas. Morton selalu meluangkan waktu untuk beristirahat. Strategi yang telah diuji di event Tour Divide, sebuah event ultra cycling di Kanada sejauh 4.417 Km. Sepertiga perjalanannya dimanfaatkan untuk beristirahat. 

Selain itu, Morton memilih memulai bersepeda pada dini hari dan bersepeda hingga malam. Hal ini merupakan strategi khusus untuk membantunya mengatasi panas yang menyengat di wilayah utara negara itu. 

Dalam perjalanan ini, Morton tak sendirian. Ia ditemani tim pendukung yang mengikutinya sepanjang waktu. Kehadiran tim ini untuk menjaga asupan gizi Morton sepanjang perjalanan ini.

Rute perjalanan Morton mengelilingi Australia.

Pada hari Jumat, 4 Oktober, saat melewati Sydney dan semakin dekat dengan tujuan akhirnya, Ia beristirahat di Newcastle sebelum berangkat di kegelapan di tengah malam. "Sepertinya saya mencoba menemukan setiap bukit antara Sydney dan Port, tetapi tidak apa-apa, masih ada kemajuan," kata Morton dalam pembaruan di story Instagram-nya. 

"Saya punya hari yang penuh, jelas tidak ada hadiah untuk hari terakhir ini ... dan kaki saya berasap, sangat berasap," tambahnya.

Morton menempuh jarak rata-rata lebih dari 450 Km setiap hari. Cuaca panas, angin kencang, dan hujan jadi makanan sehari-hari. 

Namun, saat pemenang Unbound 2024 itu kembali ke Port Macquarie di New South Wales, tempat ia berangkat 5 September lalu, artinya ia akhirnya dapat beristirahat dengan segelas bir di tepi pantai dan rekor yang akan sulit dipecahkan. (Mainsepeda)


COMMENTS