De Bleu CC Gairah Kota Biru

De Bleu Cycling Club (De Bleu CC) tak ada kaitannya dengan Tim Nasional (Timnas) sepak bola Prancis yang disebut, Les Bleus. Mereka pun bukan pendukung Kylian Mbappe dkk. 

Hanya saja, diksi bahasa Prancis menjadi ide penamaan karena mereka berasal dari Kota Biru. Julukan yang ditujukan untuk kota di sisi timur Provinsi Sumatera Barat, yakni Payakumbuh.  

Penamaan Payakumbuh sebagai Kota Biru bukan tanpa alasan. Julukan ini merujuk pada peraturan daerah (Perda) Kota Payakumbuh tentang lambang daerah yang didominasi warna biru. Disimbolkan sebagai air jernih yang berarti keramahtamahan. Selain itu, mengandung makna untuk masa depan yang lebih baik.

"Kita ambil bahasa Prancis ya biar beda saja," kata Perwakilan De Bleu CC, Afif Hidayat. 

Baca Juga: Mathieu van der Poel Juara Dunia Gravel UCI 2024

Payakumbuh menjadi lokasi yang cocok untuk bersepeda. Khususnya bagi pecinta tanjakan. Kontur wilayahnya berupa perbukitan yang berbentuk seperti mangkok. Walhasil, setiap perjalanan akan bertemu jalur pendakian. 

Salah satu rute ikonik ialah Kelok 9 yang berada 30 Km dari pusat kota. Namun, ancaman tanah longsor dan cuaca tak menentu membuat mereka tak leluasa berpetualang. 

"Sekarang lagi disekitar saja. Sumbar sebenarnya diputerin ya gunung semua. Agak jarang jauh karena sering longsor," tutupnya. 

De Bleu CC bukanlah komunitas besar. Mereka hanya berisi belasan cyclist saja. Namun, sangat aktif. 3 atau 4 kali sepekan mereka menjadwalkan diri untuk gowes bareng. 

Baca Juga: Kemenangan Perdana Pogi Berseragam Pelangi

Di akun media sosial @de.bleu.cc, mereka seringkali memamerkan perjalanan gowes. Lengkap dengan data-data seperti jarak, elevasi, hingga kecepatan rata-rata. 

Hal ini tentu menarik bagi cyclist-cyclist yang ingin bergabung. Mereka bisa mengintip lebih dahulu sembari mengukur kemampuan. Tapi jangan khawatir De Bleu sangat terbuka untuk bergabungnya anggota baru. 

"Kami berharap bisa menjadi wadah bagi pecinta sepeda road bike khususnya kota Payakumbuh," imbuhnya. 

Lebih lanjut, De Blue CC punya mimpi besar untuk ikut berperan dalam pembinaan atlet balap sepeda. Menghasilkan generasi terbaik yang mampu mencetak prestasi terbaik untuk Sumatera Barat. (Mainsepeda)


COMMENTS