Preview Il Lombardia 2024: Berebut Balapan Monumental Penutup 

Balapan monumental, Il Lombardia, akan menjadi salah satu penutup WorldTour UCI musim ini. Setelah balapan klasik musim gugur itu, hanya tersisa gelaran Gree-Tour of Guangxi sebagai event terakhir di kelas tertinggi UCI. Lantas musim baru akan dimulai tahun depan.

Il Lombardia 2024 akan berlangsung pada Sabtu, 12 Oktober. Balapan yang dijuluki The Race of Falling Leaves ini merupakan salah satu balapan one day tersulit.

Rutenya sangat menantang karena berbukit. Jarak lintasannya pun jauh, yakni 252 Km. Dimulai dari Bergamo dan akan berakhir di Como, Italia. 

Total elevasi mencapai 4.800 meter dengan delapan tanjakan masif yang berada di deretan Gunung Alpen. Secara historis, balapan ini sangat cocok untuk para climber.

Tak ayal Tadej Pogacar menjadi cyclist yang memenangi Il Lombardia dalam tiga musim terakhir. Tahun ini, ia berpeluang besar menambah trofi juaranya.

Tadej Pogacar menjadi pemenang balapan Il Lombardia 2023 sekaligus meraih hattrick gelar di event yang sama. 

Pogacar melalui musim yang sempurna sepanjang 2024. Seluruh targetnya tak ada yang meleset satu pun. Mulai dari raihan dobel Giro-Tour yang sangat epik hingga dipermanis dengan gelar Juara Dunia Road Race Men Elite UCI 2024. Ia pun mensejajarkan dirinya dengan legenda balap sepeda, Eddy Merckx (1974) dan Stephen Roche (1987). 

Berkaca dengan performanya yang luar biasa itu, Pogacar diklaim akan mudah merebut juara Il Lombardia. 

Kans juara Pogi, sapaan Pogacar, kian membesar karena timnya UAE Team Emirates menurunkan pembalap-pembalap terbaiknya. Marc Hirschi dan Adam Yates dipercaya akan memberikan dukungan penuh untuk kemenangan Pogi. 

Baca Juga: Cyclist Favorit: Rengkong Wangsa Dulu Raja Sirkuit, Kini Cyclist Tanjakan

Meskipun demikian, pembalap Slovenia bukan tanpa lawan sepadan. Pembalap andalan Soudal Quick-Step Remco Evenepoel menjadi penantang utama. Seperti diketahui, Remco juga sedang dalam performa terbaik usai menyumbang dua medali emas di Olimpiade Paris 2024. Ia pun merebut gelar Juara Dunia di nomor Individual Time Trial (ITT) di Zurich. 

Penantang lainnya ialah climber Visma Lease a Bike Matteo Jorgenson. Ada pula Aleksandr Vlasov (Red Bull-BORA-hansgrohe), Maxim Van Gils (Lotto Dstny), dan Enric Mas (Movistar Team). 

Hal lain yang mungkin menggagalkan pencapaian juara keempat kalinya bagi Pogi di Il Lombardia 2024 ialah faktor cuaca. Sebelumnya, balapan Tre Valli Varesine di utara Italia yang harusnya digelar Selasa, 8 Oktober harus dibatalkan karena hujan lebat. Meski sempat dilanjutkan, namun panitia penyelenggara akhirnya memutuskan membatalkan balapan karena faktor keamanan.

"Kami sedih balapan tak dilanjutkan, tapi harusnya memang seperti ini. Saya dapat melihat betapa beratnya ini untuk panitia. Tapi semua pembalap ingin berhenti. Pada akhirnya mereka mengerti dan saya merasa bersyukur," ujar Pogacar yang juga ikut meramaikan balapan tersebut. (Mainsepeda)


COMMENTS