Kemenangan Lionel Taminiaux (Lotto-Dstny) membuka Tour of Guangxi 2024. Pembalap asal Belgia itu memenangkan etape pertama dari total enam etape dalam balapan kategori 2.UWT tersebut.

Taminiaux merebut kemenangan secara dramatis. Ia menjadi yang tercepat dalam finis peloton. Taminiaux berhasil mengalahkan Gijs van Hoecke (Intermarché-Wanty) dalam sprint pamungkas menjelang finis.

Taminiaux mencatat waktu tercepat 3 jam 17 menit 58 detik. Disusul dengan Van Hoecke di posisi kedua. Sedangkan podium ketiga ditempati oleh Juan Sebastian Molano (UAE Team Emirates).

Meski finis dalam peloton, Taminiaux dan Van Hoecke bersaing ketat di sisi jalan yang berlawanan selama beberapa meter terakhir. Taminiaux lebih beruntung. Ia bisa menutup etape pertama dengan mulus.

Keberuntungan juga menyelimuti Molano. Ia berhasil mendapatkan momentum yang tepat. Molano mendekat dengan cepat dan menyalip Ethan Vernon (Israel-Premier Tech) untuk merebut podium ketiga.

Ini menjadi kemenangan etape yang keempat dalam kerier Taminiaux. Pembalap berusia 28 tahun itu terakhir kali menjadi juara etape pada Tour de Langkawi 2022. Taminiaux menjadi juara etape 5.

Etape pembuka Tour of Guangxi 2024 memang didominasi oleh lintasan sprint. Tetapi rute yang terbentang sejauh 149,4 km itu masih melewati beberapa bukit. Lintasan ini cukup menjadi tantangan tersendiri bagi para sprinter.

Rute etape pertama Tour of Guangxi 2024 ini merupakan lintasan loop. Para pembalap akan memutari lintasan sebanyak empat kali di kota Fangchenggang sebelum menyentuh garis finish.

Etape kedua berlangsung pada Rabu, 16 Oktober 2024. Etape tersebut membentang dari ChingZuo hingga JingXi dengan jarak 181,5 km. Etape kedua Tour of Guangxi 2024 akan menyajikan dua titik sprint dan dua titik KOM.

 

Hasil Etape 1 Tour of Guangxi 2024

1. Lionel Taminiaux (Lotto-Dstny) 03:17:58

2. Gijs van Hoecke (Intermarché-Wanty) +00

3. Juan Sebastian Molano (UEA Team Emirates) +00

4. Ethan Vernon (Israel-Premier Tech) +00

5. Max Kanter (Astana Qazaqstan Team) +00

6. Blake Quick (Team Jayso-AIUla) +00

7. Dusan Rajovic (Bahrain Victorious) +00

8. Milan Fretin (Cofidis) +00

9. Riley Pickrell (Israel-Premier Tech) +00

10. Luke Lamperti (Soudal Quick-Step) +00

Populer

Lionel Taminiaux Memimpin Etape Pertama Tour of Guangxi 2024
Cyclist Favorit: Rengkong Wangsa Dulu Raja Sirkuit, Kini Cyclist Tanjakan
Il Lombardia 2024: Pogi Menyamai Rekor Beda Generasi Berusia 75 Tahun
Banting Setir, Rigoberto Uran Kejar Impian Jadi Pemain Sepak Bola
Taiwan KOM 2024 - Rute Lama Kena Gempa, Rute Baru Jadi 150 Km
De Bleu CC Gairah Kota Biru
Tips Merakit Gravel Bike dengan Harga Terjangkau
Tim Mainsepeda Indonesia Ikut Taiwan KOM 2024
Cyclist Favorit: Rekor Aryanto Nugroho 8 Tahun Tanpa Absen Berolahraga
Kolom Sehat: Meri, tapi Bukan Anak Bebek