Rigoberto Uran menatap senja kala sebagai pembalap sepeda profesional. Tapi tujuan hidup Uran tidak berhenti sampai disitu. Pembalap asal Kolombia itu memiliki impian lain yang ingin dikejar. Uran ingin bertanding sebagai pemain sepak bola.

Hal itu terungkap dalam wawancara Uran dengan El Colombiano. Uran mengatakan bahwa tujuan hidup berikutnya adalah menjadi pemain sepak bola profesional. Sebab, itu adalah impiannya yang belum terpenuhi.

“Saya akan mendedikasikan hidup saya untuk sepak bola profesional. Itu adalah impian yang belum terwujud. Saya akan mencobanya untuk melihat apa yang terjadi,” kata pembalap berusia 37 tahun itu.

Sebagai pembalap, Uran adalah legenda hidup Kolombia. Ia telah memenangkan 15 podium, termasuk tiga podium tertinggi GrandTour. Serta meraih perak dalam road race di Olimpiade London 2012, yang menjadi medali pertama untuk Kolombia dari balap sepeda.

Kisah hidup Uran diabadikan dalam acara televisi berjudul ‘Rigo’ yang tayang pada 2023-2024. Tayangan tersebut sangat populer dengan rata-rata 7 juta penonton. ‘Rigo’ masuk dalam nominasi kategori Telenovela dalam International Emmy Awards 2024. Acara penghargaan bagi insan televisi ke-52 itu akan berlangsung pada 25 November 2024 di New York.

“Sekarang acara televisi ‘Rigo’ dinominasikan untuk Emmy. Ini sangat hebat. Tetapi sekarang tujuan saya adalah menjadi pemain sepak bola profesional. Tidak ada ruginya. Seperti yang diketahui semua orang, saya memang sedikit gila. Tapi saya suka melakukan sesuatu,” ungkap pria yang dijuluki The Bull from Urrao itu.

Jika pun upayanya menjadi pemain sepak bola gagal terpenuhi, Uran sudah punya rencana cadangan. Ia akan meneruskan kerajaan bisnisnya di Kolombia. Uran telah memiliki jaringan toko peralatan olahraga bernama ‘Go, Rigo, Go!’ yang kini berjumlah 11 gerai. Uran juga memiliki bar dan restoran dan merek sepedanya sendiri.

“Saya sudah mempertimbangkan untuk pensiun selama bertahun-tahun. Saya merasa tenang dengan keputusan tersebut karena saya menikmati karier dan didukung oleh keluarga, tim, dan teman-teman saya,” imbuhnya.

Uran saat ini menjadi bagian dari tim EF Education-EasyPost. Ia akan pensiun pada akhir tahun mendatang. Uran tercatat memenangkan etape Giro d’Italia (2014 dan 2013) dan satu etape Tour de France 2017. Plus satu etape di Vuelta a Espana 2022. (mainsepeda)

Populer

Banting Setir, Rigoberto Uran Kejar Impian Jadi Pemain Sepak Bola
Lionel Taminiaux Memimpin Etape Pertama Tour of Guangxi 2024
Cyclist Favorit: Rengkong Wangsa Dulu Raja Sirkuit, Kini Cyclist Tanjakan
Il Lombardia 2024: Pogi Menyamai Rekor Beda Generasi Berusia 75 Tahun
Taiwan KOM 2024 - Rute Lama Kena Gempa, Rute Baru Jadi 150 Km
Tim Mainsepeda Indonesia Ikut Taiwan KOM 2024
De Bleu CC Gairah Kota Biru
Kolom Sehat: Meri, tapi Bukan Anak Bebek
Pompa Ban Anda sesuai Berat Badan
Tips Merakit Gravel Bike dengan Harga Terjangkau