Tour of Guangxi 2024: Kecelakaan Massal, Ethan Vernon Rebut Jersey Merah

Pembalap Inggris Ethan Vernon memenangi etape 3 Tour of Guangxi 2024 sekaligus merebut jersey merah pimpinan klasemen general classification (GC) pada Kamis, 17 Oktober 2024. Ia merebut puncak klasemen GC dari tangan Max Kanter.

Vernon finis terdepan di Bama usai beradu sprint yang sangat ketat dengan pembalap UAE Team Emirates Juan Sebastian Molano. Bahkan saking ketatnya, penentuan juara harus melalui pengamatan teknologi photo-finish. Posisi ketiga rekan setim Vernon di Israel-Premier Tech Riley Pickrell.

"Tim telah melakukan pekerjaan yang hebat dalam mengendalikan situasi balapan. Saya senang dengan hasilnya. Tapi kehilangan kemenangan ini, saya harap dapat kami peroleh di balapan selanjutnya," ungkap Milano.

Kemenangan Vernon tak hanya soal kehebatannya. Kecelakaan massal yang terjadi di satu jam pertama balapan menguntungkan baginya. 

Besarnya insiden membuat balapan dihentikan sementara. Selain itu, sejumlah pembalap pun harus meninggalkan arena karena cedera yang mereka dapati dan berpeluang tak akan melanjutkan etape selanjutnya. Beberapa diantaranya ialah nama pembalap unggulan. Seperti Jhonatan Narváez (Ineos Grenadiers) dan pemenang tahun lalu, Milan Vader (Visma-Lease a Bike).

Max Kanter (Astana Qazaqstan), yang mengawali hari dengan mengenakan kaus merah juga terlibat dalam kecelakaan itu. Namun, ia dapat cepat kembali ke peloton dan akhirnya melaju cepat ke posisi kedelapan. Meskipun demikian, hal itu tidak cukup untuk membuatnya mempertahankan posisi teratas. 

Vernon untuk sementara menempati puncak klasemen GC bersanding dengan Milano yang sama-sama memiliki catatan 11 jam 51 menit 21 detik. Sementara di lis tiga besar diisi Dries De Bondt (Decathlon AG2R La Mondiale) yang tertinggal 2 detik saja. 

Di etape 4, balapan akan menempuh jarak 176,8 Km dari Bama ke Jinchengjiang. Rutenya berkontur perbukitan dengan empat tanjakan utama dengan kategori 2 dan 3. 

Pembalap-pembalap sprinter diprediksi akan menguasi etape ini. Max Kanter berpeluang besar meraih kemenangan. Pesaingnya ialah Juan Sebastian Milano dan Milan Fretin dari Cofidis. (Mainsepeda)


COMMENTS