Ethan Vernon meraih kemenangan back-to-back pada etape 4 Tour of Guangxi 2024 pada Jumat, 18 Oktober 2024. Pembalap asal Britania Raya ini mengalahkan Max Kanter (Astana Qazaqstan) dalam sprint akhir di Jinchengjiang. 

Vernon mendapatkan dukungan sempurna dari rekan setimnya, Jake Stewart. Stewart mengawal laju Vernon hingga 300 meter terakhir jelang finis. Hal ini membuat Vernon sedikit menyimpan tenaga dalam sprint terakhir. 

Benar saja, pembalap 24 tahun ini punya momentum lebih baik ketika beradu kecepatan dengan Max Kanter. Ia pun meraih kemenangan beruntun. Mengulangi pencapaian di etape sebelumnya. Di belakang Vernon dan Kanter adalah Alberto Bruttomesso (Bahrain Victorious) yang duduk di posisi ketiga. 

Baca Juga: COT Journey to TGX Diperpanjang

Meski meraih kemenangan, hal ini tak lantas membuat Vernon mempertahankan jersey merah, penanda pimpinan klasemen general classification (GC). Vernon harus menerima kenyataan mendapatkan penalti pengurangan waktu sebanyak 20 detik. 

Vernon dilaporkan melakukan pelanggaran saat penyerahan botol minuman dari mobil tim atau dikenal sticky bottle. Pelanggaran ini biasanya dilakukan untuk memberikan dorongan kecepatan kepada pembalap dengan menambah laju kendaraan sembari mendistribusikan botol minuman. 

Hal ini membuat Vernon harus rela tergusur ke posisi 14 klasemen GC. Ia menyerahkan jersey merahnya kepada Kanter. Ia pun tertinggal 12 detik dari pembalap 26 tahun itu. 

Baca Juga: Kolom Sehat: His Name is Also Effort

Kanter merangsek ke posisi teratas dengan catatan waktu 15 jam 53 menit 30 detik. Bonus waktu karena finis sebagai runner up membuatnya mengungguli pesaing-pesaing terdekatnya. 

Ia unggul tipis dari pembalap Decathlon AG2R La Mondiale Team, Stan Dewulf. Keduanya hanya terpisah 1 detik saja. Sedangkan, posisi ketiga diisi Juan Sebastian Molano (UAE Team Emirates). 

Etape 5 Tour of Guangxi 2024 akan dimulai dari Yizhou menuju Nongla. Jaraknya 165,6 Km. Etape ini akan didominasi dengan jalur datar dan berbukit sebelum ditutup dengan finis di puncak tanjakan Nongla Scenic Spot. Tanjakan ini kategori 1 dengan gradien dua digit dengan jarak 3,3 Km. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

Populer

Ramai Latihan ke Gunung Demi Taklukkan Taiwan KOM
Kolom Sehat: His Name is Also Effort
COT Journey to TGX Diperpanjang
Banting Setir, Rigoberto Uran Kejar Impian Jadi Pemain Sepak Bola
Tour of Guangxi 2024: Kecelakaan Massal, Ethan Vernon Rebut Jersey Merah
Tour of Guangxi 2024: Nestapa Vernon, Memenangi Balapan Tapi Gagal Pertahankan GC
Kolom Sehat: Meri, tapi Bukan Anak Bebek
Kolom Sehat: Earn vs Burn
Kolom Sehat: Don't Rich People Difficult (E-Bike)
Journey To TGX 2024 Terbuka untuk Berbagai Jenis Sepeda (No eBike!)