Tour Of Guangxi 2024: Govekar Pemenang Etape Penutup, Van Eetvelt Kunci Juara Umum

Pembalap Bahrain Victorius Matevz Govekar keluar sebagai pemenang pada etape penutup Tour of Guangxi 2024 pada Minggu, 20 Oktober 2024. Namun, juara umum menjadi milik Lennert Van Eetvelt (Lotto-Dstny). 

Balapan yang mengelilingi kota Nanning sebanyak lima laps ini berjalan sangat intens sejak awal. Peloton besar pun mengakhiri balapan dengan sprint yang ketat. Dan akhirnya Govekar keluar sebagai pemenangnya. 

Ia unggul tipis dari Marijn van den Berg (EF Education-EasyPost). Sedangkan, rekan setim Govekar, Robert Stannard, melengkapi podium tiga besar. 

Sementara itu, Van Eetvelt keluar sebagai juara usai mempertahankan puncak klasemen general classification (GC). Kepastian juara didapat setelah pembalap Belgia ini finis bersama kelompok terdepan yang berisi 55 pembalap. 

Van Eetvelt merayakan gelar juara Tour of Guangxi 2024. 

Van Eetvelt mendapatkan momentum juara ketika memenangi etape 5. Ia menjadi pembalap terdepan ketika finis di puncak ketinggian Nongla Scenic Spot. Mengalahkan para spinter yang sebelumnya menguasai balapan seperti Max Kanter dan Ethan Vernon.

Klasemen GC pun memperlihatkan keunggulan 5 detik Oscar Onley (DSM-Firmenich PostNL). Pasca berakhirnya balapan di etape terakhir, tangga posisi klasemen pun tak berubah. Van Eetvelt menjadi pimpinan juara, Onley runner up, dan peringkat ketiga menjadi milik Alex Baudin (Decathlon AG2R La Mondiale). 

Baca Juga: Hadi Tombro Raih Podium di Gravelton Filipina

"Memulai balapan dengan mengenakan kaus pemimpin pada hari terakhir selalu menegangkan. Anda tahu bahwa semua orang akan melawan Anda, tetapi juga menyenangkan bisa mengenakan kaus itu," kata Van Eetvelt kemudian. 

Hasil balapan WorldTour di Tiongkok ini membuat Pembalap 23 tahun menutup musim 2024 dengan dua gelar juara. Sebelumnya Van Eetvelt menjuarai UEA Tour, mengalahkan cyclist Australia, Ben O'Connor. 

"Jika Anda memberi tahu saya sebelum musim dimulai bahwa saya akan memenangkan satu balapan WorldTour, saya akan sangat senang. Namun, jika saya memenangkan dua balapan, itu artinya saya tidak terlalu memikirkannya, tetapi saya bisa lebih dari senang dengan ini", imbuhnya. 

Selain juara GC, Van Eetvelt juga merebut juara Youth Classification. Sedangkan, juara klasemen Point diraih Ethan Vernon (Israel-Premier Tech) berkat kemenangan back-to-back di etape 3 dan 4. Terakhir Pepijn Reinderink (Soudal-Quickstep) merebut jersey polkadot yang merupakan pemenang untuk raja tanjakan (KOM). (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS